Apakah Ijazah Palsu Berdampak pada Korupsi?



Apakah Ijazah Palsu Berdampak pada Korupsi?Belekangan ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi disibukan oleh adanya ijazah palsu yang berawal dari inspeksi dadakan pada perguruan tinggi yang tidak berizin, yaitu di University of Berkley Michigan America yang terletak di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.
Berawal dari inspeksi dadakan tersebutlah, pihak kementrian menemukan adanya pembuatan ijazah palsu dan sekarang berlanjut kepada pengecekan secara mendalam terhadap para pegawai kepemerintahan yang diduga ikut serta memanfaatkan jasa tersebut.

Berita tersebut cukup mengetarkan suasana pendidikan perguruan tinggi yang ada diberbagai Universitas, bahkan mahasiswapun mulai mempertanyakan, apakah di Universitasnya sendiri melakukan hal yang sama yaitu pengadaan ijazah palsu?

Ironis sekali jika kita renungi secara saksama, perguruan tinggi yang diharapkan mengelurkan para mahasiswa yang mempunyai intelektualitas serta moralitas, melakukan hal yang sangat mencela nama baik pendidikan kita.

Harapan serta tanggung jawab masyarakat yang diletakkan dipundak Universitas dikotori begitu saja oleh karena pemuasan nafsu untuk mengisi perut semata. Padahal, pendidikan yang diharapkan masyarakat adalah suatu pisau tajam untuk membentuk solusi-solusi agar  keluar dari keterpurukan baik secara Ekonomi, Politik, Agama serta Budaya. 

Jika kita kaitkan dengan keadaan Indonesia sekarang, dimana sedang terjadi degradasi suri tauladan akibat dari banyaknya kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat pemerintah yang secara administrasi diatas pendidikan Strata 1 (satu).

Pendidikan mencerminkan tindakan seseorang, jika pendidikan dianggap hanya sekedar untuk mendapatkan sertifikar berupa ijazah semata, maka tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang akan melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan sertifikat tersebut, walaupun ia tidak mengikuti proses dalam pembelajaran di Universitas.

Dengan demikian, kita tinggal mempertanyakan pada diri kita masing-masing, apakah korupsi yang terjadi di Indonesia akibat dari kekurangan pendidikan atau bahkan akibat dari ajazah palsu? Entahlah jikalau memang demikian, sangatpantaslah harus ada perobakan secara mendalam agar tidak terjadi hal yang sama pada pendidikan kita hari ini, selamat berkerja Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

Wallahhualam Bissowab.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Ijazah Palsu Berdampak pada Korupsi?"

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjugi blog saya, silakan tinggalkan komentar.