Sate Madura yang tak dikenal di daerah asalnya



Sate Madura yang tak dikenal di daerah asalnyaHiruk pikuk jantung kota jogja atau yang sering disebut Nol KM. lalu lalang kendaran kesana kemari. Mulai dari becak hingga bus-bus pengangkut para wisatawan. Ditempat ini beragam aktifitas mewarnai. Dari penggiat seni ataupun para penjaja kuliner. Salah satunya ibu-ibu yang menjajakan sate madura.

Sate madura tak asing lagi bagi setiap pecinta kuliner. Sebab kuliner satu ini ada dimana-mana, walaupun pada kenyataannya kuliner satu ini tak pernah ditemukan ditempat yang menyandangnya. Sungguh aneh bin ajaib kuliner satu ini. Entah siapa yang pertama kali melekatkan nama madura disampingnya. Atau mungkin karena setiap penjual kuliner ini adalah orang Madura.

Nol KM merupakan tempat nongkrong yang sangat strategis bagi setiap penjual kuliner. “sudah sejak dulu mas, sejak pertama kali saya kejogja sudah berjualan disini,” ujar bu tri sapaan akrabnya, salah penjual sate madura dikawasan Nol KM.

Penjual yang bernama lengkap Sulastri (47) ini sudah biasa berkeliling dengan menggendong barang dagangannya diatas kepala. Tak jarang dari mereka rela berjalan berkilo-kilo untuk menjual dagangannya. Harga yang ditawarkanpun bervariasi. Mulai dari Rp.5000 hingga berapapun yang di inginkan pembeli. Selain itu bu Sri juga membuka warung kuliner serupa yang kini dikelola oleh anaknya. “selain jualan sendiri, dirumah juga saya jualan juga, biar nambah penghasilan,” tuturnya.

Makanan ini biasa disajikan dengan lontong atau ketupat yang diiris kecil-kecil bahkan tak jarang dihidangkan bersama nasi putih. Dan, dapat dihidangkan sebagai cemilan saja. 

Makanan ini tak hanya dapat dinikmati sekitaran Nol KM ataupun Malioboro, namun kuliner ini dapat ditemukan dimana saja. Dimana ada orang madura pasti ada pula yang menjual sate. 

Sate merupakan ciri khas yang unik. Makanan yang tak akan pernah ditemui didaerah asalnya, madura. Berbeda sekali dengan makanan padang, masakan padang yang jelas-jelas di tempat asalnya dapat dijumpai. [Suhairi/12210075]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sate Madura yang tak dikenal di daerah asalnya"

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjugi blog saya, silakan tinggalkan komentar.