Peran Bulan Ramadhan sebagai Bentuk Penataan Diri



Peran Bulan Ramadhan sebagai Bentuk Penataan DiriTidak terasa bulan Suci Ramadhan atau bulan puasa kini telah tiba, bulan yang penuh barokah ini termasuk bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim diseluruh belahan dunia, dengan menjalankan puasa berarti kita telah menjalankan Rukun islam yang ketiga. Selain itu juga, dengan menjalankan ibadah puasa dapat membantu kita untuk menata diri menjadi pribadi yang lebih baik. 

Selain menahan diri dari makan dan minum selama sehari penuh, puasa juga membantu kita untuk menahan diri dari segala perbuatan buruk. Misal menjaga diri dari Ucapan-ucapan yang tidak baik dan segala perbuatan buruk lainnya. 

Konsep fitri, yang diidentikan dengan seorang bayi yang baru dilahirkan kedunia, yang masih dalam keadaan suci baik jasmani maupun rohani adalah salah satu bentuk pensucian ulang terhadap manusia ciptaan Tuhan, dimana dalam bulan romadhonlah segala bentuk amal pebuatan dilipagandakan.

Jika kita menghitung bulan yang ada dikalender maka ada 12 (dua belas) bulan, yang 1 (bulan) diperuntukan sebagai bulan khusus pengampunan umat manusia terhadap segala sesuatu yang sudah dikerjakan selama 11 (bulan) yang kita sebut sebagai bulan romadhon.
Dengan demikian, jika kita renungi lebih dalam, ada bentuk kebijaksanaan yang luar biasa dalam sifat ketuhanan yang ada pada diri Tuhan, bentuk tersebutlah yang kemudian kita sebut sebagai kasih sayang Tuhan.

Jika kita melakukan sesuatu yang selama ini mungkin melanggar aturan yang sudah dibuat olehNya, maka patutlah kita sebagai hamba yang sudah diberika tanggung jawab penuh untuk memimpin segala ciptaannya, memanfaatkan dengan betul bulan yang penuh barokah ini, dengan demikian maka kita tidak dianggap oleh Tuhan sebagai manusia yang rugi dalam realitas sosial untuk mempertanggung jawabkan segala sesuatu baik dunia maupun akhirat kelak.

Marilah kita selalu memegang tegus ajaranya, serta mengikuti suri tauladan utusanya yaitu Nabi Muhammad Saw sehingga dengan amal perbuatan didunia yag sudah kita perbuat tersebutlah inssaallah akan mengantarkan serta mempermudah dalam kehidupan yang selajutnya. Aminn



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Bulan Ramadhan sebagai Bentuk Penataan Diri"

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjugi blog saya, silakan tinggalkan komentar.