Kulia Kerja Nyata (KKN) sebagai Proses Gerak Mikro Mahasiswa


Kulia Kerja Nyata (KKN) sebagai Proses Gerak Mikro Mahasiswa

Salam hangat untuk semuanyaa,,,,,!

Maaf sahabat, baru bisa ngirim artikel soalnya dari dua hari yang lalu banyak kerjaan yang harus dilaksanakan sehingga menyita waktu saya untuk break sebentar untuk mengirim artikelnya, tapi gak papa sahabat ini saya ngirim lagi untuk membahas hakikat pendidikan Kulia Kerja Nyata (KKN) semoga manfaat.

Mahasiswa merupakan kelas menenggah dalam tatanan Sosial Kemasyarakat. Disebut demikian karena mahasiswa mempunyai pola gerak Mikro dan Makro. Pola gerak mikro dimana mahasiswa mempunyai tanggung jawab sebagai penyambung harapan masyarakat yang dalam lingkup kelas menenggah kebawah, serta memberikan penyadaran pada masyarakat untuk mencapai kemandirian.

Dalam pola Gerak Makro, mahasiswa sebagai penggontrol kebijakan, perubah tatanan sosial, serta orang yang mempunyai kapasitas pengetahun yang lebih tinggi dibandingkan masyarakat menenggah kebawah.

Dengan demikian, apabila kita membaca proses pendidikan yang ada di bangku Perkulihan maka kita mengenal pola pendidikan yang biasa kita sebut dengan Kulia Kerja Nyata.

Kulia Kerja Nyata adalah salah satu bentuk sebagai jawaban akan adanya gerakan mikro yang diemban oleh mahasiswa untuk merubah Tatanan Sosial yang ada dimasyarakat. Dengan adanya KKN maka mahasiswa akan memahami betul keinginan serta harapan yang ada dimasyarakat tersebut.

Keinginan dan harapan dapat tercapai oleh karena pola pendidikan yang dibangun pada Kulia Kerja Nyata mengunakan basis pengetahuan  secara Empirik (Pengalaman)

Mahasiswa diterjunkan langsung kelapangan dengan mengunakan Analisis Kritis atau langsung beradaptasi dengan kehidupan masyarakat agar dapat memahami secara jelas persoalan yang ada.

Biasanya Kulia kerja Nyata dilaksanakan selama tiga bulan lamanya, disitulah mahasiswa diberikan pengetahuan dengan cara Mandiri. Mahasiswa dituntut untuk memahami pola laku keseharian yang terjadi dimasyarakat, hal itu bisa kita lihat ketika mahasiswa diharuskan tinggal di desa ataupun kelurahan. 

Mahasiswa juga diberikan pengajaran berdasarkan kenyataan Realitas Sosial yang sedang berlangsung, dengan melakukan dialog pada masyrakat desa, menanyakan kelu kesa mereka, mencari harapan secara kolektif masyarakat tersebut.

Dengan pola pengajaran tersebutlah, mahasiswa dapat memahami realitas sosial yang sedang berlangsung dengan cara Kritis. Bukan hanya sekedar asumsi-asumsi persoalan saja.

Kulia Kerja Nyata juga memberikan pengajaran agar mahasiswa dapat juga berperan aktif untuk menyelesaikan persoalan yang sedang terjadi, semisal ketika  masyarakat membutuhkan keseimbangan ekonomi, adanya konflik agama, adanya perbedaan budaya, adanya fenomena kemiskinan.

Dari persoalan yang terjadi tersebutlah,  maka ada gerak mikro yang coba diimplementasikan untuk memberdayakan masyarakat dari kekurangan pengetahuan, dari kekuragan skill, serta juga mungkin dari ketimpangan sistem pemerintah. 

Dengan demikian, Praktek Kulia Kerja Nyata sangatah bermanfaat bagi mahaswa maupun masyarakat, kerena disanalah terbentuk Tibal Balik Pengtahuan baik pada masyarakat maupun pada mahasiswa. Sekian sampai jumpa lagi.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kulia Kerja Nyata (KKN) sebagai Proses Gerak Mikro Mahasiswa"

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjugi blog saya, silakan tinggalkan komentar.