TIPS MENGHADAPI UJIAN SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI




TIPS MENGHADAPI UJIAN SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGISebagian besar dari kita jika sudah mulai mendekati waktu-waktu ujian, pasti kita akan merasa bingung dengan apa-apa saja yang harus dipersiapkan dalam ujian, apalagi jika kita menghadapi Ujian seleksi masuk Perguruan Tinggi kita pasti akan bingung dengan pikiran lulus Ujian atau Tidak, di terima atau tidak. Sepertinya dari pada anda bingung dengan pikiran-pikiran tersebut tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa tips berikut dalam menghadapi ujian seleksi yang akan anda hadapi.   

Minta Do’a kepada Orang tua

Yang pertama dan paling utama sebelum anda menghadapi ujian adalah meminta do’a Orang tua anda, bagi anda yang tinggal dekat dengan Orang tua lebih baik anda datangi mereka terlebih dulu dan mintalah do’a kepada mereka. Dan buat anda yang berada jauh dari orang tua cukup hubungi Orang tua anda, mintalah do’a kepada mereka. Nah,, bagi anda yang tinggal di lingkungan pesantren tidak ada salahnya juga jika anda meminta Do’a kepada kyai anda agar ujian anda dilancarkan.

Survei tempat Tes Seleksi

Sehari sebelum anda menghadapi tes seleksi , anda lebih baik melakukan survei tempat tes anda terlebih dulu, agar anda tidak perlu lagi bingung mencari dimana ruangan anda nantinya. 

Masuk ruangan beberapa jam sebelum ujian di mulai 

Setelah anda mengetahui ruangan mana yang akan anda menjadi tempat tes anda, ada baiknya jika anda datang dan masuk ruangan beberapa jam sebelum ujian. Gunakan waktu tersebut untuk belajar dan melihat sudut-sudut atau suasana ruangan.Menurut ahli psikologi seseorang akan lebih mudah mengingat apa yang dibaca atau di pelajarinya jika dia melihat sudut-sudut atau juga suasana ruangan tempatnya membaca. Nah..tidak ada salahnya jika anda mencoba cara tersebut.  

Jangan Tegang

Jika anda akan mengahadapi Tes seleksi, lebih baik anda hilangkan saja itu yang namanya perasaan tegang. Cobalah untuk menenangkan fikiran anda, rilekskan otot-otot anda. jika anda tegang, semua yang anda baca atau yang sudah anda pelajari akan hilang begitu saja, terlupakan karena dikalahkan oleh perasaan tegang anda.  

Fokuskan Fikiran pada Ujian

Fokuskan fikiran anda pada Ujian yang akan anda hadapi, lupakan sejenak fikiran-fikiran lain, jangan buat otak anda berfikir terlalu keras sebelum ujian di mulai, agar otot-otot otak anda tidak terlalu tegang saat di gunakan untuk mengerjakan soal ujian.

Memilih soal yang paling Mudah terlebih dulu 

Jika soal ujian sudah mulai di bagikan, ada baiknya jika anda menyeleksi soal-soal yang paling Mudah terlebih dahulu. Lewatkan soal-soal yang anda anggap itu sulit. Kerjakan soal yang anda anggap Mudah terlebih dulu untuk menghemat waktu

Jangan Lupa berdo’a sebelum Ujian mengerjakan Soal

Setelah anda melakukan banyak usaha dalam mengahadapi ujian, jangan lupa anda juga harus mengiringi usaha anda dengan Do’a. karena usaha tanpa Do’a sama juga kosong dan Do’a tanpa usaha sama juga bohong.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENGHADAPI UJIAN SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI"

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjugi blog saya, silakan tinggalkan komentar.