Contoh Pidato"Sukses Dunia Akhirat Dengan Berlandaskan Habluminallah, Habluminannas. Dan Habluminalalam"

Contoh Pidato"Sukses Dunia Akhirat Dengan Berlandaskan  Habluminallah, Habluminannas. Dan Habluminalalam"   Assalamu’ alaikum Wr. Wb

Alhamdulilah Alhamdulilahirob’bil alamin, wasshola tuwassala muala asrafil ambiya iwalmursalin waalaalihi  waashabihi ajmain amma ba’du.

Yang terhormat kepada KH. Afif Rifai M.Si selaku dosen mata kuliah retorika dakwah dan yang saya banggkan teman-teman seperjuangan yang selalu belajar dalam memberantas kebodohan.

Pertama tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kesempatan serta nikmat kesehatan sehingga kita dapat berkumpul pada saat sekarang ini.

Sholawat serta salam selalu kita haturkan kepada junjungan nabi Allah yaitu nabi Muhammad Saw yang kita nanti-nantikan syafaatnya di khiyamul akhir nanti. Aminnn
Sahabat-sahabat yang berbahagia.

Kebahagian adalah sebuah tujuan hidup dari semua  manusia, keingginan tersebutlah
yang terkadang salah dalam memberikan penafsiran terhadap diri induvidu masing
masing, karana terkadang manusia hanya memikirkan kebahagian  Induvidu atau
kelompoknya  saja tanpa memikirkan kebahagian manusia seluruhnya. Islam merupaka
agama rohmatan lil’alamin, bukanlah sekedar agama induvidu, melainan Agama bersama
yang memberikan landasan-landasan dalam kehidupan sehari-hari.
Maka dari itu, saya ingin menyampaikan pidato yang bertemakan bahagia dunia akhirat
berlandaskan Habliminaallah, Habluminannas, dan habluminalalam. 

  Pertama: Habluminallah   
 manusia diciptakan oleh Allah SWT diberikan amanah untuk menjadi pemimpin dimuka bumi dan menjadi hamba sebagai bentuk syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Pemimpin yang dimaksudkan oleh Allah SWT adalah manusia yang   bisa memimpin dirinya sendiri serta mengetahui  bahwa ia diwajibkan untuk menyembah kepadaNya. Bentuk menyembah ini bukan berarti Allah SWT membutuhkan manusia agar ia diakui akan tetapi bentuk penyembahan ini sebagai amal perbuatan yang akan diberikan oleh Allah SWT untuk manusia itu sendiri. Amanah pemimpin dan hamba ini juga sebagai wujud pembelajaran yang diberikan oleh Allah SWT agar manusia memahami hakikat dari penyatuanya dengan Tuhan, karena saat diri selalu mengingat Tuhan maka ketika seseorang akan bertindak ia akan memperhitungkan apa yang dilakuknnya.
 
            Kedua: Habluminannas
Manusia yang diciptakan oleh Allah SWT mempunyai hubungan sosial terhadap manusia lainnya. Tanpa ada orang lain  maka orang tersebut tidak bisa berbuat apa-apa. Manusia merupaka unsure terkecil dari tuhan, maka disinilah letak kenapa kita harus saling menghargai satu sama lainnya, saling tolong menolong dalam kebaikan, saling mengingtkan saat adanya kekuranga-kekurangan. Manusia yang sebagai unsur terkecil dari Tuhan inilah yang menaharuskan manusia untuk tidak saling menyakiti satu sama lain karena ketika ia menyakiti orang lain maka otomatis ia menyakiti Tuhannya sendiri, karena sekali lagi manusia adalah unsur terkecil dari Tuhan itu sendiri.

Ketiga: Habluminalalam
Manusia yang diberikan keleluasaan yang penuh terhadap isi dunia ini bebas mengunakan apa yang diperlukan olehnya, diberikan amanah untuk menjaga kelestarian dunia dengan tidak merusak lingkungan, membuang sampah sembarangan, dll. Dalam Al-Qur’an surat Ar- rum ayat 41 dijelaskan bahwasanya kerusakan di darat maupun dilaut adalah ulah tangan manusia maka Allah memberikan suatu cobaan/peringatan agar mereka kembali kejalan yang benar. Di dalam ayat tersebut kita dapat mengambil sebuah pelajaran bahwasanya manusia cenderung memanfaatkan alam sekitar bukan dari kebutuhannya akan tetapi mereka mengambil karena keinginannya semata yang akhirnya tidak memikirkan dampak yang mereka perbuat.

Sahabat-sahabati yang saya banggakan

            Hubungaan antara manusia dengan Tuhan, manusia dan manusia serta hubungan manusia dengaan alam inilah yang bila kita pahami secara kritis, akan membentuk pola tingkah laku yang memberikan landasan berpijak terhadap manusia, manusia akan berfikir baik dan buruknya terlebih dahulu ketika ia akan melakukan sesuatu, memperhitungkan apa yang diperbuatnya, sehingga akan menemukan keselarasan yang mengantar kebahagian seutuhnya di kehidupan dunia dan akhirat. Jika manusia belum memahami hakikatnya ia diciptakan oleh Tuhan, maka sangat sulit ia menjalin hubungan dengan antar manusia dan alam, karena itulah ketiga unsure ini tidak boleh dipisahkan satu dan lainnya.
Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohan maaf.
Akhirul kalam.

 Wallahhul MuwafiqiIlaa Aqwamith Thariqh.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato"Sukses Dunia Akhirat Dengan Berlandaskan Habluminallah, Habluminannas. Dan Habluminalalam" "

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjugi blog saya, silakan tinggalkan komentar.