Dampak Positif Negative Media sebagai Pemberi Informasi pada Masyarakat



Peran Positif Negative Media sebagai Pemberi Informasi pada MasyarakatPerkembangan teknologi informasi semakin hari mengalami kemajuan yang sangat signifikan, kemajuan itupun dapat kita lihat dengan begitu mudahnya untuk mengakses berbagai informasi yang ada, baik secara visual, audio visual serta media cetak.

Berbagai informasi yang didapatkan kadangkala menjadi acuan serta membentuk pola fikir manusia, baik berdampak positif maupun negative.

Dampak positif dari pemanfaatan yang baik terhadap alat informasi tersebut ialah memberikan gambaran umum dari realitas sosial yang ada dibelahan dunia baik berbasis Regional, Nasional, bahkan Internasional. Dengan alat informasi menambah juga kadar pengetahuan pada setiap masyarakat.

Namun demikian, alat informasi yang sering kita gunakan kadangkala sudah mulai ternodai dengan hilangnya keindependenan media itu sendiri sehingga mengakibatkan dampak yang negative terhadap pola fikir pengguna alat informasi.

Saat ini banyak Media-media Informasi yang tidak berdiri sendiri, banyak sebagian dari mereka yang ditunggangi oleh para Elit-elit yang memiliki kepentingan untuk mendapatkan citra baik dari masyarakat. Sehingga mereka menggunakan media massa sebagai alat untuk memberi pencitraan yang baik atas dirinya kepada masyarakat melalui informasi-informasi yang diberitakan. 

Dengan hilangnya keindependenan tersebut, berita atau informasi yang diberikanpun terkadang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Banyak berita-berita yang dimodifikasi sedemikian rupa agar mereka yang memiliki kepentingan mendapatkan citra baik dari para pengguna alat informasi tersebut.

Selain itu, media-media informasi juga berpengaruh cukup besar dalam kehidupan masyarakat, media informasi mempengaruhi pola fikir masyarakat. Contoh saat ini banyak alat-alat informasi yang mengiklankan tentang produk kecantikan. Dengan adanya iklan kecantikan yang menggambarkan bahwa wanita cantik adalah wanita yang berkulit mulus, putih, bersih. Berbadan tinggi semampai  dan berambut lurus hitam halus.

 Maka dengan adanya infomasi yang semacam itu masyarakat khususnya kaum wanita, mereka berlomba-lomba untuk merubah dirinya, mencari, membeli produk-produk tersebut agar menjadi apa yang sesuai dengan yang ada dalam iklan tersebut. Mereka berlomba agar masuk kedalam salah satu kategori wanita cantik. 

Dari contoh tersebut, dapat kita lihat betapa media berpengaruh terhadap kehidupan dan pola fikir manusia. Mereka mampu membuat seseorang diperbudak oleh dirinya sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Positif Negative Media sebagai Pemberi Informasi pada Masyarakat"

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjugi blog saya, silakan tinggalkan komentar.